Nasi Lengko, Kuliner Khas Pantura Bergizi Tinggi

Masyarakat Indonesia memiliki beberapa macam makanan pokok, salah satunya nasi. Tetapi, masyarakat biasanya mengolah nasi agar lebih enak disantap, misalnya menjadi nasi goreng, atau bahkan nasi lengko yang berasal dari Pantura! 

Tak hanya di Cirebon 

Sega lengko atau yang lebih dikenal sebagai nasi lengko merupakan salah satu kuliner khas masyarakat di pantura atau pantai utara jawa. Nah, daerah-daerah yang termasuk ke dalam pantura ini adalah Indramayu, Brebes, termasuk juga Cirebon, dan beberapa kota lainnya. Oleh sebab itu, nasi lengko juga sangat terkenal di Cirebon, teman-teman. 

Selain itu, nasi lengko terkenal sangat kaya protein dan lebih sehat, lo! Sebab bahan-bahan yang digunakan atau dicampurkan dengan nasi lengko bukan daging, melainkan sayur-sayuran serta tahu tempe. 

Dapat dimakan bersama lauk tambahan

Seporsi nasi lengko terdiri dari nasi putih, toge yang sudah direbus, tahu dan tempe goreng yang dipotong kecil-kecil, potongan tipis timun segar, bawang goreng, dan daun kucai. Kemudian, semua bahan yang telah ada di atas piring akan disiram dengan bumbu atau kuah kacang kemudian tak lupa menambahkan kecap manis agar rasanya lebih enak.

You Might Also Like

0 facebook

Top Categories